Modus Penipuan Menyamar Sebagai Adistya Juliza


Sekarang cari duit makin susah. Berbagai cara dilakuin buat ngedapetin duit dalam waktu singkat dan mudah. Modus kali ini pernah terjadi pada diri saya sendiri. Oke, modus ini dilakukan melalui bbm. Awalnya tersangka yang mengaku bernama Adistya Juliza, melakukan pendekatan kepada saya. Sebagai orang yang aktif di media sosial, saya langsung searching nama Adistya Juliza di google. Namun hasil yang saya dapat hanya alamat twitternya yang tidak aktif juga. Selain itu, ada informasi kuliahnya juga. Dan, memang tidak ada yang mencurigakan sampai di sini.

Oke, setelah lama melakukan pendekatan lewat bbm, pelaku yang mengaku Adistya Juliza ini ngajak telponan. Oke saya ladeni saja. Dan, ditelpon ngomongnya kasar euy. Gak kayak wajahnya :p. Awak sebagai lelaki beriman langsung ilfeel. Tapi tetap saya ladeni juga. Dan yang bikin curiga adalah dia mulai minta transfer uang, kirim kue, bayarin ini itu. Alhamdulillah saya masih pengangguran yang sedang menunggu penempatan, banyak permintaannya yang saya tolak kecuali yang alasannya benar2 mendesak. Kalo kirim kue, berapalah harga kue. Kasikan ajaaa… tapi yang gak wajar, dia minta duit 500 ribu buat nebus bb-nya yang dipake buat bayar spp. Nah lo, dia ngakunya anak seoarang karyawan ternama di Lhokseumawe, tapi kok bayar spp kuliah susah? Mulai saya ragu. Dan akhirnya saya minta rekeningnya, tapi rekeningnya bukan atas nama Adistya Juliza melainkan Nurhaida rekening BRI dengan nomor 3954 01 007745 53 8.


Jadilah saya kirimin itu uang 500 ribu dengan niat sedekah semoga Allah melipatgandakannya (dan alhamdulillah benar2 Allah lipatgandakan) dan supaya dia lanjut kuliah. Tapi masi gak abis pikir kok bisa2 anak orang kaya *sesuai pengakuan tersangka* agak tersendat dalam hal keuangan.

Tapi anehnya, dia mau ngirimin boneka dan mobilan ke keponakan saya, yang harganya mungkin bisa 400 ribuan. Nah, di situ saya gak nyangka kalo dia itu adalah penipu. Ngapain coba pake ngirim2 gitu. Ya dia rugilah. Tapi ya dia memang suka dengan keponakan saya, dan memang suka dengan anak kecil. Penipu juga punya hati dan perasaan. :D

Lalu bagaimana saya tau dia penipu? Kebetulan ada temen yang juga kenal dengan Adistya Juliza. Ternyata Adistya Juliza ada yang asli, dan semua informasi yang diberikan oleh Adistya Juliza palsu itu benar. Saya tanya pin Adistya Juliza yang asli, loh kok pinnya beda? Saya add, dan ternyata.. zonkkk! Adistya Juliza yang asli itu ya yang ini looo. Jadi, bagi kalian yang pernah di add oleh pin BB yang bernama Aj (singkatan dari Adistya Juliza), silakan konfirmasi kebenarannya. Bisa hubungi ke 081376189323. Atau mungkin setelah postingan ini naik di google, si pelaku akan merubah modusnya dengan mengganti nama lain. Bisa saja.

Karena penyamaran yang dilakukan pelaku ini, adalah untuk orang-orang yang jarang aktif di social media. Adistya Juliza ini adalah seorang yang memang kurang aktif di social media, sehingga ketika kita searching Adistya Juliza di google, sangat minim informasi. Nah, mudah2an dengan adanya postingan ini, bisa menyelamatkan calon korban selanjutnya dan menjaga nama baik Adistya Juliza yang sebenarnya.

7 komentar:

  1. Semoga bermanfaat biar yang lain gak kena tipudaya muslihatnya heheh

    BalasHapus
  2. koq bisa ya pake nama org penipuannya? awal mula kenalannya gimana itu koq bs kenal? ada ga yg penipu versi lelaki nya?

    BalasHapus
  3. skrang penipu mkin kreatif ya, bnyak modus.

    BalasHapus
  4. aaa,pernah ada juga penipuan pake namaku..si aga (marga agung) yg dhubungi nomer yg ngaku2 itu aku,mnta dtransferin gtu,tp aga crosscheck k aku via twitter..nyebelin..:'(
    semoga penipu2 ini segera insyaf..

    BalasHapus
  5. @Sakura21
    ya, dia add pin bbm. dan terjadilah semuanya..

    @3630764143968867191.0
    wew,, tp hebatnya yang ini katanya udah hampir 2 tahun.. :(
    aamiin. semoga dia insyaf.

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.