Tatto, Kebudayaan Indonesiakah??

Berawal dari pertanyaan seorang teman kepada dosen budaya nusantara, saya pun berpikir untuk membuat artikel ini. Ya, semua karena Tatto. Masih ada yang gak tau arti Tatto? Bukan!! Bukan sejenis makanan ringan. Itu Cithato. Ini Tatto. Gambar yang dilukis ke bagian tubuh manusia. Ada yang permanen, Mingguan, bahkan harian. Seperti paket internet memang. Tapi terima sajalah perumpamaan yang tidak senonoh ini.

Mahasiswa : Pak, setahu saya, tatto itu merupakan salah satu kebudayaan Indonesia. tapi mengapa sekarang ini malah tatto dianggap suatu hal yang tidak lazim di masyarakat pada umumnya?

Dosen : Hmmm... Begini...

Ya, begitulah kira-kira pertanyaan dari salah satu teman kelas saya. Yang menjadi menarik di sini adalah, benarkah Tatto merupakan salah satu budaya Indonesia?? Jawabnya benar.

Kok tau??? Karena kau telah menggores-gores dadaku. What the???

Ya, seperti yang saya kutip dari matanews.com, tatto adalah salah satu kebudayaan dari Mentawai, Sumatera Barat. Nah katanya, budaya ini telah masuk ke daerah Mentawai sejak 1500-500 SM yang dibawa oleh bangsa proto melayu yang datang dari daratan Asia. Jelas sudah, bahwa tatto memang merupakan budaya nenek moyang kita.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah tatto itu halal dan boleh di Indonesia secara keseluruhan yang notabene beragama islam? Jawabannya sangat jelas, HARAM.

Dalam surat an-nisa ayat 119 Allah berfirman, Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barangsiapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.”

yang dimaksud dengan merubah ciptaan Allah adalah termasuk mentatto. Dan secara gamblang Rasulullah pun bersabda, Dari Abdullah (bin Mas’ud) radhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan: “Allah Subhanahu wa Ta’ala melaknati perempuan-perempuan yang mentato dan yang minta ditato, yang mencabut/mencukur rambut (alis), dan yang mengikir giginya untuk memperindah. Perempuan-perempuan yang mengubah ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Nah sudah jelas kan yah? Terlepas dari seni atau bukan, preman atau bukan, yang jelas bagi umat islam, Tatto itu haram. Apalagi tatto kan sakit yah? Mendzholimi tubuh itu gak baik. Tubuh kita juga punya hak. So, mari kita bersyukur dari setiap yang Allah berikan.

Wallahu a'lam.

acuan dari http://www.asysyariah.com Fatawa Ulama Diterjemahkan oleh Al-Ustadz Qomar ZA Judul: Hukum Tato

14 komentar:

  1. saya baru tau kalo mentatto itu haram, yang saya tau tatto itu tidak haram, tapi memang dilarang karena bisa menjadi penghalang kulit dari air sewaktu mandi besar atau wudu, misalnya.

    BalasHapus
  2. @Akmal Fahrurizal
    boleh dibaca sumbernya,,, tatto itu haram dan yang mentatto juga haram. wallahhu a'lam bi showab..

    BalasHapus
  3. yup betul bro, setau ane juga tatto itu haram soalnya kalo wudhu kulit yg d tatto gak kebasuh (kehalang tatto)dg kata lain selama mash bertatto sholatnya ga sah, malah dosa...

    BalasHapus
  4. dalam kristen juga tidak dibenarkan memiliki tato

    BalasHapus
  5. Dan alhamdulillah, saya bukan termasuk wanita yang suka merubah ciptaan ALlah hehe.

    BalasHapus
  6. @Indra
    hmm bener bro.. seni itu gak selalu dari tatto di badan kok..

    @Sang Cerpenis bercerita
    hmm.. memang mudharatnya juga lebih banyak sih..

    @Tarry Kittyholic
    Alhamdulillah yah.. sesuatu.. :)

    BalasHapus
  7. padahal saya suka loh liat cewek yang punya tatto, hehehhe...tp bukan jenis tatto preman gitu. Tapi kalo pun gak haram, gak berani nyoba juga sih...soalnya proses nya horror. Dulu saya punya kakak sepupu yang hobi pake tatto permanen, pas akhirnya tobat...gilak, ngilangin tatto nya mesti yang semacam di kikis gitu, pokoknya sakit dah...masang nya sakit, ngilanginnya juga sakit.

    BalasHapus
  8. @chloe's_journal
    bener.. akhirnya kan merugikan diri sendiri... :)

    BalasHapus
  9. bukan gy indo bgt gan,kl menurut ana itu mah yg kurang pede aja dgn pemberian Tuhan,heheheh

    BalasHapus
  10. bukankah sudah jelas Tatto hukumnya haram.Tatto kebudayaan Indonesia ? ya nggak mungkin lah, Tatto itu budaya barat. Orang Indonesia aja yg sukanya niru

    BalasHapus
  11. mending beli tatto yang di abang abang aja dah/hadiah dari chicken nugget wkwkwkw
    dari pada buat dengan permanen :( naujubilah minjalik deh om!

    BalasHapus
  12. tatto sebagai warisan budaya indonesia?
    kayaknya terlalu maksa dan latah dweh.
    di mexico atau di mesir kan juga udah ada tatto dari jaman dulu. ingat suka inca.
    korupsi tuch yg sudah jadi budaya di indonesia...

    BalasHapus
  13. @21inchs
    dari sejarah emang terbukti itu udah jadi kebudayaan di salah satu suku bangsa kita.. *baca artikelnya..

    kalo korupsi bukan budaya.. gimana korupsi mau hilang kalo kita udah nganggapnya sebagai budaya. jadi mari kedepankan pikiran positif kita.. :D

    indonesia bersih korupsi! Mulai dari diri sendiri!!

    BalasHapus
  14. He'eh, meski itu budaya, bagi muslim, itu haram. :(
    Jadi tugas non-muslim untuk melestarikan tato. Hahaha... becanda. ;)

    BalasHapus

Silakan dikomentari ya. Klik subscribe by email untuk notifikasi balasan. Terimakasih.